Buat teman-teman yang sedang membutuhkan lensa untuk kebutuhan membuat video vlog, jadi youtuber, dokumentasi sehari-hari, atau selfie video, pada artikel ini saya akan mencoba memberikan beberapa referensi lensa untuk canon mirrorless yang sangat cocok untuk kebutuhan tersebut.

Perlu teman-teman ketahui, “Tidak ada lensa yang bagus disemua kondisi, yang ada adalah lensa yang pas sesuai kondisi”. Misalnya jika kondisinya teman-teman membutuhkan lensa untuk ngevlog sambil jalan-jalan, maka lensa yang dibutuhkan adalah lensa jenis wide atau yang memiliki tangkapan sudut yang luas, berbeda jika kondisinya teman-teman ingin mendokumentasikan sebuah pekerjaan yang mengharuskan mengambil gambar dari jauh, maka lensa yang cocok adalah lensa tele zoom.

Pada artikel ini lensa yang dimaksud adalah lensa yang bagus untuk kebutuhan Nge-Vlog seperti yang dilakukan Youtuber masa kini. 🙂

Kriteria lensa canon yang cocok untuk bikin video vlog :

  • Mempunyai sudut tangkap yang luas, atau wide
  • Suara fokus tidak berisik, biasanya tipe STM
  • Ringan dan tidak terlalu besar

Rekomendasi Lensa Buat Nge Vlog di Mirrorless Canon

Lensa-lensa ini bisa digunakan di semua kamera mirrorless canon yang menggunakan mounting EF-M, seperti Canon EOS M, M2, M3, M10, M100, M6, M5, M50, dan sejenisnya.

1. Lensa Standar Canon EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM

Lensa Untuk Video Vlog Canon Mirrorless

Ya mungkin ada yang beranggapan “kok lensa ini dipilih”, lensa standar canon pada dasarnya adalah lensa yang sudah diprediksi pabrikan canon adalah lensa yang memungkinkan bisa dipakai disegala kondisi.

Lensa ini punya focal length 15mm bisa dibilang ini cukup wide, sangat cocok dipake buat ngevlog, kalau dipakai buat jauh juga masih bisa zoom sampai 45mm.

Bukaan atau aperture lensa kit sama seperti lensa standar pada umumnya, yaitu F3.5-6.3.

Mesin autofokusnya juga cepat dan tidak berisik, karena sudah menggunakan sistem motor autofokus STM. Terdapat juga fitur IS(Image Stabilizer), sehingga saat teman-teman membuat video vlog dengan handheld atau dipegang goyangan akan lebih diredam.

Lensa ini pasti akan teman-teman dapatkan kalau beli kamera canon mirrorless, karena ini lensa standar bawaan kamera mirrorless.

2. Lensa Wide Canon EF-M 11-22mm F/4-5.6 IS STM

Lensa Wide Untuk Mirrorless Canon

Lensa ini merupakan lensa wide untuk kamera mirrorless, jika teman-teman ngerasa menggunakan lensa kit masih kurang wide atau kurang lebar sudutnya, maka alternatifnya adalah menggunakan lensa ini, karena memiliki focal length 11mm.

Lensa ini sagat cocok dipake buat ngevlog ngeyoutube misalnya, buat foto indoor, untuk foto pemandangan atau lanscape juga sangat cocok.

Mesin autofokusnya juga sudah STM, jadi tidak berisik dan fokusnya cepat. Terdapat juga fitur IS(Image Stabilizer), sehingga saat teman-teman membuat video vlog dengan handheld atau dipegang goyangan akan lebih diredam.

Harga lensa ini bisa dibilang lumayan, hehehehe… saat artikel ini saya buat harganya kisaran 5.6jtan

3. Lensa Fix Canon EF-M 22mm F/2 STM

Lensa bokeh ngeblur untuk canon mirrorless

Kalau kebutuhan teman-teman ingin mendapatkan hasil foto atau video vlog yang bokeh(background ngeblur), dan juga lowlight yang lebih bagus dari lensa wide serta lensa standar, lensa ini bisa jadi pilihan.

Lensa Fix EF-M 22mm F2 ini memiliki bukaan lensa atau aperture yang besar, yaitu F2. Sehingga bisa menghasilkan bokeh, dan cahaya yang masuk ke kamera lebih banyak.

Mesin fokusnya juga sudah STM, sehingga tidak berisik dan cepat. Namun lensa ini tidak memiliki fitur IS(Image Stabilizer), jadi kalau teman-teman pake lensa ini buat jalan-jalan ngevlog mungkin videonya akan telihat lebih bergoyang-goyang dibanding lensa yang memiliki IS.

Tonton Review Lensa EF-M 22mm F2 :

Nah itulah beberapa lensa yang bisa jadi referensi buat ngevlog atau buat kamu yang ingin jadi vlogger youtuber dengan kamera canon mirrorless.

Terimakasih sudah membaca artikel Rekomendasi Lensa Buat Nge Vlog di Mirrorless Canon, semoga bermanfaat, apabila ada pertanyaan silakan tuliskan dikolom komentar, dan terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.