Perbedaan Lensa EF dan EFS Canon Indonesia Kameraaksidotcom

Mungkin diantara teman-teman ada yang masih belum ngeh, kalau dilihat di fisik body lensa canon, akan ada label tulisan EF terkadang ada yang EF-S. Kira-kira teman-teman pada tau ngak bedanya apa, sebenarnya keduanya tersebut punya arti masing-masing loh, bukan sekedar istilah biar keren saja.

Pada artikel kali ini kita akan bahas apa itu EF, dan apa itu EF-S pada lensa canon dslr.

Apa itu EF?

EF merupakan standar mounting lensa untuk kamera canon DSLR/SLR yang dikenalkan pada 1987. EF sendiri kepanjangan dari “Electro-Focus”. Istilah ini kemudian lebih dikenal dengan EF Lens Mount.

Kemudian pada tahun 2003, Canon mengenalkan kembali istilah baru yang diberi nama EF-S, setelah sebelumnya hanya EF. Kemudian tahun 2012 canon mengenalkan lagi EF-M, tapi kali ini kita akan bahas bedanya EF dan EFS saja yah. hehehhe

Untuk sejarah lengkapnya teman-teman bisa baca di wikipedia (Canon EF di Wikipedia)

Perbedaan EF dan EF-S Pada Lensa

Jadi teman-teman, keduanya punya arti masing-masing. Jadi biar nga salah paham, berikut ini penjelasannya :

EF Lens merupakan jenis lensa yang bisa digunakan pada kamera canon yang menggunakan sensor Full Frame, misalnya tipe canon 5D MK II, Canon 6D, dan sejenisnya. Selain itu lensa ini juga bisa digunakan pada kamera APS-C.

Sedangkan

EF-S Lens merupakan jenis lensa yang hanya bisa digunakan pada kamera canon yang menggunakan sensor APS-C saja, misalnya canon 60d, canon 1100d, canon 1200d, canon 7d, dan sejenisnya, serta tidak bisa digunakan di kamera dengan sensor full frame.

Apa jadinya kalau lensa EF-S dipasang dikamera fullframe? Maka hasil foto akan bermasalah, yaitu pada gambar akan muncul vignet bagian hitam pada tiap sudut.

Jadi, kalau teman-teman lihat di body lensa kamera ada tulisan EF, artinya lensa tersebut bisa digunakan di kamera dengan sensor full frame ataupun aps-c, tetapi kalau tulisannya EF-S maka hanya bisa di body kamera aps-c saja.

Gimana? tau kan sekarang maksud dan arti dari EF dan EF-S, semoga info kali ini bermanfaat, dan jika teman-teman ada pertanyaan lain seputar dunia kamera, silakan tuliskan dikolom komentar yah.

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.