Cara Lepas Filter Lensa Stuck Macet

Buat teman-teman yang punya lensa kamera, dan masalahnya aksesoris filternya nga bisa lepas dari lensa, kali ini kameraaksi.com akan memberikan tips cara mudah untuk melepas filter lensa yang sudah tidak bisa diputer.

Filter lensa yang paling banyak terpasang pada lensa adalah filter uv, karena filter ini merupakan filter yang paling bisa digunakan dikondisi mana saja, kegunaan dari filter ini lebih melindungi lensa dari berbagai kemungkinan seperti terbentur, dan lebih aman dari jamur lensa.

Cara pemasangan filter uv sangat mudah, yaitu cukup diputar dibagian ulir depan lensa, dengan catatan ukuran filter lensa harus sesuai dengan ukuran diameter lensa.

Untuk mengetahui ukuran diameter lensa bisa dilihat pada pembahasan ini : Cara Mengetahui Diameter Lensa Kamera

Oke, kembali ke permasalah utama yaitu Solusi Mengatasi Filter Lensa Yang Tidak Bisa Lepas, filter stuck on lens, tips to remove stuck lens filter, atau melepas filter lensa yang macet.

Cara Mengatasi Filter Lensa Tidak Bisa Lepas

Alat-alat yang dibutuhkan :

  • Gergaji besi, gunanya untuk membuat celah pada filter uv
  • Plat besi, bisa pakai penggaris besi atau pakai gergaji besi yang nantinya untuk memutar filter uv dari celah yang sudah dibuat sebelumnya

Caranya :

  • Gergaji besi digunakan untuk membuat celah dikedua sisi filter uv, contohnya seperti digambar berikut ini
  • Dua celah tersebut nanti akan digunakan untuk memutar filter menggunakan penggaris besi, lalu diputar berlawanan jarum jam
  • Putar sekuat-kuatnya, dan hati-hati. Semoga berhasil

Silakan tonton video berikut ini untuk tutorial lengkapnya :

Gimana, mudah kan? Kalau teman-teman masih kesulitan untuk melepas filter lensa sendiri, coba minta bantuan ke teman, atau bawa ke toko kamera.

Semoga informasi cara mengatasi filter lensa macet atau tidak bisa lepas ini bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan tulis dikomentar, dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.